4 Gitaris Dunia yang Khas dengan Gitar Fender Stratocasternya

gitar fender

Tahun 1954, merupakan tahun ketika gitar Fender Stratocaster resmi diperkenalkan kepada khalayak, dan sejak tahun itu pula hingga kini, stratocaster masih menjadi gitar yang paling ikonik yang tentu saja dipakai oleh banyak gitaris kelas dunia.

Tidak heran, karena stratocaster merupakan salah satu gitar yang paling adaptif dan fleksibel. Karakter suaranya memang asyik buat dimainkan di berbagai jenis genre, sebut saja rock, blues, reggae, hingga metal, cocok dimainkan dengan alunan suara gitar ini.

Itulah sebabnya pula gitaris-gitaris dunia dengan berbagai aliran menggunakan stratocaster sebagai gitar pegangan mereka, dan rata-rata menjadi ikonik. Siapa sajakah mereka? Lihat satu-satu yuk.

4 Gitaris Dunia yang Khas dengan Gitar Fender Stratocasternya

Jimi Hendrix

( Foto : Historia )

James Marshall Hendrix atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jimi Hendrix, merupakan seorang gitaris, penyanyi, dan penulis lagu kelahiran Seattle, Washington, Amerika Serikat, 27 November 1942 (meninggal di London, Inggris, 18 September 1970).

Meski perjalanan karir bermusik Hendrix bisa dibilang singkat (hanya 4 tahun) Namun namanya masih dibicarakan hingga kini, dan bahkan sering disebut sebagai salah satu pemain gitar listrik paling berpengaruh dalam sejarah musik blues-rock. Dan tentu saja perjalanan karir Hendrix diiringi oleh gitar fender stratocaster yang selalu menjadi andalannya.

Eric Clapton

( Foto : Rollingstone)

Siapa sih yang tidak familiar sama alunan lagu “Wonderful Tonight”? Sebuah lagu legendaris yang dinyanyikan oleh penyanyi dan gitaris legendaris pula; Eric Clapton. Ya, pengguna Stratocaster berikutnya adalah Eric Clapton. Eric Patrick Clapton CBE merupakan seorang gitaris, penyanyi, pencipta lagu, dan komponis asal Inggris yang bisa dibilang salah seorang musisi paling sukses pada abad ke-20 dan abad ke-21. Bagaimana tidak? Namanya diabadikan di museum Rock and Roll Hall of Fame sebanyak 3 kali.

Clapton juga menempati urutan ke-4 dalam daftar Gitaris Terbesar Sepanjang Masa versi majalah Rolling Stone. Tidak berhenti sampai di situ, namanya juga masuk ke dalam daftar “100 Artis Terbesar Sepanjang Zaman” versi majalah yang sama. Wah, Fender pasti bangga ya musisi sebesar Eric Clapton pakai Stratocaster sebagai intrumen andalannya.

David Gilmour

( Foto : Youtube )

Buat yang tidak terlalu familiar dengan namanya, mungkin akan lebih ‘ngeh’ dengan band-nya, David Jon Gilmour, atau yang lebih dikenal dengan David Gilmour merupakan gitaris band Pink Floyd. Selain bersama Pink Floyd, Gilmour bekerja sebagai produser rekaman bagi sejumlah musisi, loh. Musisi yang dilahirkan dan besar di Grantchester Meadows di Cambridge, Cambridgeshire, Inggris, ini pernah ditempatkan sebagai pemain gitar Fender terbaik nomer satu versi jajak pendapat majalah Guitarist asal Britania Raya (edisi Februari 2006).

Yngwie Malmsteen

( Foto : Pinterest )

Di era akhir 80-an atau awal 90-an, semua penggemar musik tentunya familiar dengan seorang kreatif musik bernama Yngwie Malmsteen. Ya, tak dapat dipungkiri kalau pada era tersebut (bahkan mungkin hingga kini) Malmsteen merupakan seorang gitaris yang dikagumi oleh pecinta musik rock di seluruh dunia.

Gitaris berkebangsaan Swedia bernama asli Lars Johan Yngve Lannerback ini dikenal luas lewat permainan bergaya neo-classical ala heavy metal yang nyaris sempurna. Tidak heran jika Malmsteen sempat mendapati julukan sebagai salah satu dewa gitar di jagat musik rock pada eranya. Sangat prestisius.

Selain itu, Malmsteen juga sukses membuat terobosan baru pada zaman-nya, yaitu berani menggabungkan musik Heavy Metal & Classical (Baroque). Super

Leave a Reply